Home » » cara memperbaiki carger laptop

cara memperbaiki carger laptop

     Kali ini kita akan membahas cara memperbaiki carger laptop dengan indikasi lampu pada carger berkedip,ok kita langsung saja memasuki pembahasan kita,Jika Anda mengalami lampu carger laptop anda berkedip, maka anda perlu waspada. Bisa jadi terjadi kerusakan pada adaptor anda. untuk sementara jangan digunakan dulu.

jika anda tetap memaksakan memakai carger tersebut hal ini kemungkinanbisa terjadi 
-Pertama Baterai anda bisa mati
-kedua Salah satu komponen pada adaptor terbakar menyebabkan laptop mati total.
-ketiga bisa menyebakan komponen lain pada laptop mengalami kerukan berikutnya(Jika laptop anda masih garansi, maka garansinya tidak berlaku dan kemungkinan anda harus mengganti mainboard yang harganya sangat mahal bahkan hampir seperti beli laptop baru)

Indikasi lampu adaptor(carger laptop) berkedip menandakan adanya  arus pendek pada mainboard atau pada adaptor(carger laptop).

Untuk melakukan pengecekan bisa anda lakukan seperti dibawah ini:
  1. anda bisa menggunakan  adaptor lain yang satu merk  untuk dicoba pada laptop, jika terjadi hal yang sama dengan carger anda atau tetap berkedip atau bahkan mungkin mati,kemungkinan besar kerusakan ada pada laptop anda.
  2. Coba adaptor pada laptop lain yang kompatibel (Satu merek, lihat voltase dan amperenya). Jika adaptor masih berkedip, maka adaptor anda sepertinya bermasalah.
  3.  Menggunakan multimeter untuk mengukur apakah arus dan voltase masih ’normal’ dalam artian sesuai dengan voltage dan arus yang tertera di label adaptornya. Biasanya hal ini yang dilakukan oleh teknisi untuk mengetahui apakah adaptor atau power board yang rusak.

Langkah langkah yang bisa anda lakukan adlah sebagai berikut?
  1. Jika masih garansi, segera bawa ke service center terdekat didaerah anda.
  2. Bawa ke service rekomendasi yang terbukti terpercaya. Anda bisa mencari referensi di forum-forum seperti kaskus atau chip. Biasanya disana ada testimonial orang yang sudah mencicipi jasa penyedia service laptop.

      Bisakah  Adaptor(carger laptop) anda diperbaiki?bisa saja namun,Cara ini tidak kami rekomendasikan. Adaptor(carger laptop) hasil perbaikan memiliki resiko yang sangat tinggi. Jika suatu saat Adaptor(carger laptop) ini short dan bermasalah, laptop anda yang akn mengalami imbasnya juga.saran kami belilah Adaptor(carger laptop) yang baru dan original atau jika anda tidak cukup dana anda bisa membeli Adaptor(carger laptop) caonpatible,bisa juga Adaptor(carger laptop) universal(tidak disarankan)

semoga bermanfaat

0 komentar:

Translate