Home » » Cara Merawat Printer Infus

Cara Merawat Printer Infus

          Printer adalah suatu alat pelengkap komputer, Jika anda termasuk orang yang jarang memakai printer alias 2minggu / 1 bulan sekali, sebaiknya anda tidak memakai printer tinta infus. Karena seringkali tinta infus mengalami masalah pada tekanan selang, itu dikarenakan adanya perbedaan tekanan dengan udara luar yang bila dibiarkan cukup lama akan mengakibatkan turunnya tinta , atau muncul gelembung udara pada selang. Dan head printer akan cepat mengalami kerusakan, disebabkan genangan tinta yang selalu ada pada celah head printer. Genangan tinta ini muncul karena cartridge selalu berisi penuh tinta. Jadi sebaiknya gunakan saja tinta jenis suntikan karena headnya akan lebih awet.
Dan lagi printer tinta infus tidak ada  garansinya, karena infus printer adalah tinta yang bukan asli dari produk printer yang anda beli. akan tetapi tinta model infus adalah hasil modifikasi para teknisi dan bukan produk dari pabri printer yang ada.
bagi siapa saja pemilik printer infus , Untuk menjaga keawetan, kelancaran dan umur printer infus, ada beberapa cara yang dapat anda dilakukan.
Tips perawatan printer infus
Banyak pemakai Printer merasa lebih praktis dan awet dengan tinta model infus . akan tetapi jika anda memakai printer infus, maka anda harus memperhatikan resiko modifikasi . resiko utama adalah hilangnya garansi resmi dari pabrikan printer tersebut dikarnakan bongkar pasang dan fisik printer yang berubah (berlubang) . disamping resiko, kita juga dapat keuntungan yang cukup banyak diantaranya lebih praktis dalam mengisi ulang tinta printer, dan juga hemat biaya .Untuk memodifikasi printer dari tinta inkjet menjadi tinta infusan adalah serahkan saja pada ahlinya ( teknisi profesional)
Bawalah printer inkjet anda ke tempat servis printer/komputer atau toko komputer yang menyediakan jasa pemasangan infus printer. dijamin hasilnya bagus, dan lagi teknisi juga memberikan garansi apabila printer modifikasi tadi mengalami gangguan atau kerusakan.
Dibawah ini ada beberapa cara merawat printer infus agar lebih awet dan tahan lama  :
  • Gunakan printer setiap hari, minimal 1 lembar untuk mencegah catridge/head printer mampet.
  • Lakukan isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai 1/4 botol, dengan cara buka tutup botol besar dan kecil   kemudian masukkan tinta melalui lubang botol besar. setelah selesai tutup kembali kedua lubang botol dengan rapat.
  •  Apabila mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus. dianjurkan printer istirahat setelah mencetak 30 lembar agar catridge tidak cepat panas.
  • Letakan botol infus sejajar dengan printer dan gunakan double tape agar dapat diminimalisir   botol tidak mudah terlepas. resiko tinta tumpah dan mengotori meja maupun dokumen-dokumen .
  • Pada saat akan menggunakan printer, tutup kecil pada tabung infus sebaiknya dibuka dulu agar udara bisa masuk, sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar.
  •  Pada waktu printer tidak digunakan, maka tutup botol kecil dan besar pada tabung infus harus tertutup rapat, hal ini untuk menghindari tinta banjir dan mengkibatkan catridge/head mengalami konslet
  • Biasakan membeli tinta isi ulang dengan merk yang sama, karena masing-masing merk tinta memiliki ciri2  yang berbeda serta komposisi bahan kimia yang berbeda pula. resiko yang didapat apabila sering gonta-ganti merk tinta adalah catridge mampet dan lama kelamaan rusak.
  • Jika selang infus masuk angin atau ingin mensetabilkan warna tinta setelah melakukan isi ulang, maka gunakan perintah Deep Cleaning pada pengaturan printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta banjir dan konslet pada catridge/head.
  • setelah selesai menggunakan printer, matikan dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power suplay priter tidak cepat rusak.
  • Untuk printer merk Epson, apabila catridge warna (merah, kuning, biru) tidak terbaca maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik dalam keadaan USB terlepas.
 Cara merawat dan menjaga keaweta printer infus diatas sebaiknya diperhatikan dengan benar-benar bagi anda yang menginginkan keawetan dan kelancaran kinerja printer infus yang dimiliki.

0 komentar:

Translate