Home » » Mengatasi Paper Jam Pada Printer

Mengatasi Paper Jam Pada Printer

       Mengalami paper jam atau kemacetan kertas pada printer kita ada suatu kejadian yang tidak menyenangkan, apalagi pada saat kita sedang diburu waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang mengharuskan kita untuk menggunakan printer. Biasanya saat printer mengalami paper jam, maka sesaat setelah kertas yang macet itu kita tarik, printer tidak bisa segera kita pergunakan, bahkan terkadang kita harus mereset PC atau laptop kita, tentu akan semakin banyak waktu yang terbuang.

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi paper jam:
Langkah pertama
Buka cover printer, dan tariklah kertas yang tersangkut itu dengan cara pelan-pelan, jangan dipaksa karena bisa merusak printer.
Bila printer saat itu belum bisa dipergunakan, karena mengalami blinking stelah mengalami paper jam ini, maka cobalah langkah kedua berikut ini :
Langkah kedua
cabutlah kabel power printer untuk mereset printer. Pasang kembali kabel power printer dan cobalah untuk menggunakannya. Namu bila printer masih tetap tidak bisa dipergunakan, maka bisa dilanjutkan dengan langkah berikutnya.
Langkah ketiga
Cobalah buka Control Panel > Administrative tools > service (untuk Windows 7) atau Control Panel > Performance and Maintenace > Administrasi Tools > Services (untuk Windows XP). Buka service PRINT SPOILER, dan matikan prosesnya dengan klik “STOP”. Selanjutnya klik  Start > Printer and Faxs, klik kanan > Refresh. Jalankan kembali service Print Spoiler yang kita stop tadai, dengan klik “START”. Printer sudah siap untuk dipergunakan kembali.
Langkah keempat :
Bila printer saat itu belum bisa dipergunakan coba anda cek tempat kertas  kemungkinan masih  ada potongan kertas yang terselip,bahkan dimungkinkan ada benda lain yang terdapat dilubang kertas atau roller.

Contoh error paperjam :

Canon IP2770 Blikking 3x Orange(

Kasus : Ketika printer dinyalakan langsung terjadi blinking 3x Orange yaitu paper jam. Pada kasus ini biasanya terjadi kesalahan pada sensor roling printer.
Solusi :
  • Buka cover printer
  • Cari sensor yang terletak di atas rolling kertas.
  • Coba bersihkan dari debu.
  • Jika masih tetap tidak berjalan, ganti dengan sensor yang lain.
  • contoh ini diambil dari blog :(http://blackclaser.blogspot.com/2012/04/canon-ip-2770-blikking-3x-orange.html)

   Cara ini berlaku untuk sebagian besar jenis printer canon ip dan mp series serta printer hp sedangkan untuk paperjam pada printer epson bisa disebabkan oleh sensor kertas yang sudah mengalami pergeseran.Jika masih terjadi paperjam maka sebaiknya dibawa ketukang service langganan anda untuk dilakukan pembongkaran.

Semoga bermanfaat....


3 komentar:

Unknown said...

mkasih

sagarichan said...

gan

klo untuk printer epson L1300 gimana gan

ane ada printer epson L1300 yang sering jam

Lian said...

Makasih gan informasinya
Aku akan praktekkan soalnya printer saya sama masalahnya dengan yang dibahas diatas gan..thanks

Translate